NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN: INTEGRITAS, PROFESIONALISME, SINERGI, PELAYANAN, KESEMPURNAAN

Popular Posts



  • Foto Foto Saat OJT
  • Masukan Deskripsi Gambar-2 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-3 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-4 Slideshow Disini


Monday, October 7, 2013

Hari Senin, 7 Oktober 2013


     Pada hari ini kami mendapat seminar dari Bagian Perencanaan dan Keuangan dengan pembicara Ibu Reno Widya selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, Bapak Hisyam Haikal selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran, serta Ibu Maya selaku Kepala Sub Bagian Permintaan Pembayaran dan Penggajian.
Seminar dimulai dengan obrolan ringan Ibu Reno mengenai Inspektorat Jenderal dan Bagian Perencanaan dan Keuangan serta memberi nasihat-nasihat kepada peserta yang hadir. Nasihat itu tentang sikap kita sebagai anggota baru di dalam lingkungan Inspektorat Jenderal, antara lain:

Kita sebagai yang lebih muda diharapkan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam) terlebih dahulu saat melihat senior atau siapapun dalam lingkungan Itjen.
Saat sudah penempatan maka kita akan melihat karakteristik-karakteristik rekan kerja kita, baik yg baik maupun yg buruk. Diharapkan kita hanya mengambil yang baik-baik saja.
Beliau juga memberitahu bahwa tidak ada yg namanya tempat kerja atau bagian yang enak maupun tidak enak, semua itu ditentukan oleh kita sendiri yang mengatur betah atau tidaknya dalam lingkungan kerja tersebut.
Jika disuruh mengerjakan sesuatu, jawablah dengan saya akan usahakan biarpun kita tidak tahu ataupun tidak bisa mengerjakan.
Sebagai anggota yang paling muda serta masih bersemangat, kami semua harus memiliki rasa ingin tahu yang besar serta rasa ingin belajar yg tinggi.
Jika kerjaan kita sudah selesai dan waktu sudah menunjukan pukul 5, jangan pulang dulu jika masih ada atasan ataupun rekan kerja yang masih mengerjakan tugas. Kita harus menunggu mereka pulang baru kita boleh pulang.



     Selanjutnya Ibu Reno karena ada urusan harus meninggalkan acara dan digantikan oleh Bapak Hisyam Haikal. Bapak Hisyam Haikal menyebutkan:
Jika anda gagal dalam merencanakan, maka anda merencanakan untuk gagal.

     Bapak Hisyam juga memberitahu kami tentang tugas Bagian Perencanaan dan Keuangan:
Penyusunan Renstra, RKT-PK, Rencana Anggaran, PKPT dan Dokumen Pelaksana Anggaran.
Urusan Perbendaharaan.
Pengajuan permintaan pembayaran dan pengelolaan gaji & tunjangan.
Akuntansi dan pelaporan perpajakan.

     Pak Hasyim juga memberitahu tentang Struktur Pengelolaan Keuangan Itjen:
Satu Kuasa Pengguna Anggaran.
Sebelas Pejabat Pengelola Keuangan.
Empat Account Representative.
Satu Bendahara Induk dan tiga Bendahara Pengelola Keuangan.



INTERMEZZO ISTIRAHAT KECAPEKAN


No comments:

Post a Comment