NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN: INTEGRITAS, PROFESIONALISME, SINERGI, PELAYANAN, KESEMPURNAAN

Popular Posts



  • Foto Foto Saat OJT
  • Masukan Deskripsi Gambar-2 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-3 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-4 Slideshow Disini


Saturday, October 5, 2013

Hari Kamis, 3 Oktober 2013


     Materi pertama disampaikan oleh Bagian Sistem Informasi Pengawaan yang di Kepalai oleh Bapak JB. Widodo Lestarianto. Bagian sistem informasi pengawasan memiliki 4 subbagian, yaitu subbagian dukungan pengguna dengan kepala subbagian Bapak Gatot S. Priambodo, Subbagian Pengembangan Sistem dan Aplikasi dikepalai oleh Bapak Tri Achmadi, Subbagian Pengelolaan Basis Data Internal dikepalai oleh Bapak Yudhi H, Subbagian Pengelolaan Data Eksternal dikepalai oleh Bapak Yogi Iswara.


     Pesan pesan yang disampaikan oleh Bapak JB. Widodo Lestarianto antara lain:

     Sertifikasi itu adalah kunci, setelah mendapatkan kunci cari pintu yang bisa dibuka. Kita harus senantiasa meningkatkan kemampuan pribadi dan pengetahuan. Hidup ini sudah berat, kalo gak tertawa tambah berat. Masuk ke SIP tidak harus punya ilmu IT, yang penting mau belajar dan tertarik. Harus konsekuen dengan pilihan dan harus jadi auditor yang baik. Keberhasilan di SIP salah satunya adalah membuat siapapun yang ada di sana menjadi nyaman dan suka bekerja di SIP.




     Materi kedua disampaikan oleh Bapak CM Susetya (Tyok). Masuk STAN tahun 1983, lulus tahun 1986. Masuk di itjen dan langsung menjadi auditor sampai dengan tahun 2001.




     Pesan-pesan yang disampaikan adalah sebagai berikut:

     Dosa generasi sekarang adalah kehilangan semua rasa telah melakukan dosa. Ateis praktis, percaya adanya Tuhan tapi tetap melakukan dosa. Tujuan hidup itu ada 2 yaitu yang berkaitan dengan Materi, jabatan, dsb (keduniaan) dan yang berkaitan dengan spiritual (Akhirat). Kita semua harus punya mimpi, yang kemudian dijadikan sebagai visi. Visi itu harus inspriring, easy to understanding, dan strategic. Dari visi tersebut dijabarkan menjadi misi (rencana strategis), dan dijabarkan lagi menjadi target-target. Target itu harus jelas dan detail. Target itu harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Reasonable, and Time bound). Nasib baik tidak hanya di kepintaran tapi juga loyalitas.

     Materi tentang Bagian Umum, yaitu terkait dengan struktur organisasi dan tugas. Bagian umum terdiri dari 4 subbagian, yaitu sebagai berikut:

  1. Subbagian Tata Usaha dan Kehumasan,mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, kearsipan, kepustakaan, penggandaan, ekspedisi, kehumasan, komunikasi publik, pemantauan aktivitas harian Inspektorat Jenderal, dan pendampingan kepada para pegawai Inspektorat Jenderal yang dalam pelaksanaan tugasnya dimintai keterangan oleh aparat penegak hukum.
  2. Subbagian Protokoler dan Rumah Tangga,mempunyai tugas melakukan urusan dalam, akomodasi, protokoler, kerumahtanggan, pengangkutan, dan pemeliharaan invetaris kantor.
  3. Subbagian Perlengkapan,mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelaksanaan pengadaan, pelaksanaan, penyimpanan dokumen, dan pelaporan layanan pemilihan penyedia barang/jasa, pencatatan, penyimpanan, penyaluran, pelaporan, dan penghapusan perlengkapan dan inventaris kantor.
  4. Subbagian Penugasan Pengawasan,mempunyai tugas melakukan administrasi penugasan pengawasan dan urusan perjalanan dinas.

No comments:

Post a Comment