NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN: INTEGRITAS, PROFESIONALISME, SINERGI, PELAYANAN, KESEMPURNAAN

Popular Posts



  • Foto Foto Saat OJT
  • Masukan Deskripsi Gambar-2 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-3 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-4 Slideshow Disini


Saturday, October 5, 2013

Hari Rabu, 2 Oktober 2013


     Agenda pertama hari ini adalah materi dan sosialisasi yang disampaikan dari Bagian Organisasi dan Tata Laksana yang sampaikan oleh Bapak Ari S. dan Mas Reza Andriandwipana. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Kepala Inspektorat I yaitu Bapak Elman Ritonga.
     Materi pertama yaitu tentang Organisasi dan tata laksana di inspektorat jenderal. Organisasi dan tata laksana Inspektorat jenderal memiliki 4 Subbagian, yaitu Organisasi, Ketatalaksanaan, Pelaporan, dan Evaluasi dan Tindak Lanjut. Untuk tugas tugas masing masing subbag adalah sebagai berikut:

Subbagian Organisasi, mempunyai tugas melakukan evaluasi organisasi, analisis jabatan, evaluasi sistem dan prosedur kerja, dan evaluasi pemeringkatan jabatan.

Subbagian Ketatalaksanaan, mempunyai mempunyai tugas melakukan pengelolaan kinerja organisasi, manajemen risiko, analisis beban kerja, serta pelaksanaan legal drafting peraturan intern dan peraturan perundang-undangan.

Subbagian Pelaporan, mempunyai tugas melakukan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Sekretariat Inspektorat Jenderal, laporan akuntabilitas kinerja Inspektorat Jenderal, dan laporan periodik kegiatan pengawasan, pemantauan program dan kegiatan Inspektorat Jenderal, serta validasi pengolahan data hasil pengawasan.

Subbagian Evaluasi dan Tindak Lanjut, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan tanggapan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan terhadap Inspektorat Jenderal, penghimpunan hasil pemantauan tindak lanjut yang dilaksanakan Inspektorat, penghimpunan hasil pemeriksaan dan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan auditor eksternal, dan pemantauan tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi terhadap unsur Kementerian Keuangan, serta pengolahan data hukuman disiplin pegawai Kementerian Keuangan.


     Sedangkan materi yang disampaikan oleh bapak Elman Ritonga yang dimoderatori oleh Bapak Agung dari inspektorat I adalah sebagai berikut:

     Audit yang dilakukan oleh Inspektorat I yang khusus membidangi masalah Pajak. Pengawasan internal yang dilakukan inspektorat I untuk audit DJP antara lain audit monitoring eksistensi, outpunya adalah policy recomendation, ada tema pengawasan unggulan, audit kinerja dan complience.

     Modal yang diperlukan untuk dapat bekerja di itjen adalah nilai nilai Kementerian Keuangan.

Integritas. Mau ada atasan atau tidak ada, tetap jalan dan bekerja dengan baik. Melaksanakan ketentuan dan kode etik. Tidak menerima hadiah apapun dari auditee.
Profesional. Masuk dan kembangkan profesinal. Sebagai contoh: masuk ke Inspektorat I, maka carilah referensi tentang pajak, pelajari kasus kasus yang telah ada. Yang penting ada kemauan untuk mencapai pengetahuan luas dan kecakapan.
Sinergi. Tidak kerja sendiri, selalu ada teman. Jika dilakukan bersama hasilnya lebih baik jika sinergi.
Pelayanan. Setiap orang pernah dilayani, oleh karena itu setiap orang musti melayani. Di setiap unit ada layanan unggulan.
Kesempurnaan. Perbaikan secara terus menerus, dan kesempurnaan di Kementerian Keuangan merupakan suatu keharusan.

Quotes:
Tujuan saya memilih orang-orang ini dapat membantu saya menyelesaikan tugas-tugas
Harus on time, senyum sapa salam. ketika menerima tugas, kita harus siap. Kecepatan dan akurasi adalah penting, kalau ketik aja kita salah bagaimana itjen bisa menjadi lembaga yang dipercaya. Kalau disuruh bikin surat, katakan siap! saya coba!. Jangan langsung nanya ke pemberi tugas. Jangan mudah memberikan tanda tangan, periksa dulu konsep, cek dengan baik dan benar. Audit tidak memberikan keyakinan untuk tidak bersalah.

No comments:

Post a Comment