NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN: INTEGRITAS, PROFESIONALISME, SINERGI, PELAYANAN, KESEMPURNAAN

Popular Posts



  • Foto Foto Saat OJT
  • Masukan Deskripsi Gambar-2 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-3 Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar-4 Slideshow Disini


Saturday, October 5, 2013

Hari Selasa, 1 Oktober 2013


     Di hari ketiga induksi ini, paginya di isi oleh Mbak Maria Alexandra (Mbak Sandra), yang menjabat sebagai staff Bagian Kepegawaian. Beliau berasal dari jurusan Psikologi. Pagi itu, mbak Sandra memberikan games tentang bagaimana kita dapat menggunakan kemampuan komunikasi dan pengetahuan yang luas. Game yang dilakukan adalah game 'bisa jadi'. Masing2 dari mendapat suatu kata yang ditempelkan di punggung. Masing2 peserta kemudian mencoba mencari tahu kata apa yang ada di balik punggung. Pesan dari game ini adalah kita sebagai pegawai kementerian keuangan harus memiliki pengetahuan yang luas dan fokus terhadap pekerjaan kita.

     Games kedua adalah kuis komunigerak. Games ini mengharuskan peserta mendeskripsikan kata yang didapat melalui gerakan dan kemudian disampaikan kepada teman yang lainnya. Games ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengekspresikan diri melalui gerakan. Pesan dari games ini adalah kesatuan hati antar anggota kelompok.

     Agenda kedua pada hari itu adalah ceramah mentor. Beberapa orang mentor yang hadir antara lain yaitu Bapak Hisyam Haikal, Bapak Syarifuddin, Bapak Raden Basuki F. A, Bapak Ferdi, Bapak Jimmy Lapotulo, Bapak Budi Prayitno, dsb. Pesan pesan yang disampaikan adalah sebagai berikut:

     Sebagai pegawai Kementerian Keuangan umumnya, dan sebagai pegawai itjen khususnya harus bekerja secara ikhlas. Ada juga yang menyampaikan bahwa ketika kita melihat orang yang lebih tua, maka berfikirlah bahwa ia lebih beruntung karena telah hidup lebih lama sehingga memiliki lebih banyak pahala dan amalan. Ketika kita melihat orang yang lebih muda, maka berfikirlah bahwa ia lebih baik karena belum terlalu banyak berbuat dosa atau lebih memiliki sedikit dosa. Ada juga yang menyampaikan bahwa mengeluh itu penting, karena tanpa apa keluhan tidak akan ada kereta, motor, mobil, dsb. Tetapi jangan mengeluh terus menerus. Berikan yang terbaik, dan jangan mengarapkan apa apa. Ada juga yang menyampaikan bahwa kita harus menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain maupun lingkungan sekitar. Air tidak mengalir ke tempat yang lebih tinggi, artinya ilmu tidak akan mengalir ke orang yang tinggi hati.

No comments:

Post a Comment